Senin, 29 Juni 2020

PENINGKATAN SKILL SAAT LFH DAN WFH SERTA OPINI TENTANG TEKNOLOGI SAAT MASA PANDEMI COVID-19



·           Ceritakan dan narasikan produktifitas dan peningkatan skill, kapasitas dan pengetahuan apa yang saudara peroleh selama WFH Dan LFH di masa Pandemic covid-19.

 

Pada masa pandemic covid-19 saat melakukan kegiatan work frome home dan learning from home penulis melakukan beberapa kegiatan yang bermanfaat untuk menambah produktifitas dan skill penulis. Seperti peningkatan dalam berbahasa asing yaitu Bahasa inggris dan pengetahuan-pengtahuan baru yang didapat melalui webinar yaitu lebih mengenal penerapan metode data mining dan data warehouse, algoritna yang dipakai dalam data mining dan data warehouse, juga cara perhitungan dan pemecahan masalah menggunakan metode dan algoritma tersebut.


Selain itu saat melakukan learning from home penulis juga mendapatkan manfaat diantaranya seperti cara penerapan metode cobit (ver. 4.1 dan 5.1) dalam tata kelola dan audit SI/TI, selain itu penulis juga mendapat pengetahuan dari beberapa jurnal yang telah dibaca dan dianalisis untuk persiapan bekal skripsi. Pada pengetahuan umum penulis mendapat beberapa info mengenai teknologi yang dapat membantu pada masa pandemic sehingga mengurangi resiko terjangkit virus covid-19. Pada masa pandemic ini penulis juga memperoleh sedikit pengalaman mengenai cara berbisnis untuk memperoleh benefit namun tetap halal.

 

·           Buatlah artikel ilmiah atau opini saudara bagaimana Teknologi informasi bermanfaat dalam menghadapi pandemik covid-19 dan New Normal.

 

Menurut penulis banyak teknologi yang bermanfaat pada masa wabah pandemic berlangsung diantaranya seperti pembelajaran online yang menggunakan beberapa produk teknolgi seperti aplikasi zoom, google (meet, drive, cendikia, schoolar, classroom), gmail, facebook, whatsapp sebagai pengganti pembelajaran tatap muka secara langsung dan diganti menjadi via online. Selain itu ada juga banyak aplikasi lain seperti belanja online dengan pembayaran via transfer atau non-tunai lainnya sehingga mengurangi adanya kontak fisik sehingga meminimalisir korban terjangkitnya virus covid-19. Selain pembayaran online juga ada aplikasi lain seperti cara mendeteksi pasien terjangkit virus covid-19 lalu ada juga helm yang dibuat kusus untuk tentara dengan fasilitas pendeteksi suhu untuk gejala covid-19. Ada banyak aplikasi lain untuk pendeteksi pasien covid-19 seperti radar pelacak trace together, PeduliLindungi dan masih banyak yang lainnya. 


Selain aplikasi ada juga robot yang membantu masyarakat dalam melakukan social distancing seperti robot pengantar makanan, robot pembersih, drone dan lain-lain. Banyak persiapan untuk new normal dalam teknologi diantaranya seperti 5G & information communication (ICT), 3D printing, supply chain 4.0 (big data, cloud computing, blockchain), online entertainment, telehealth, distance learning dan lain sebagainya. Dari produk-produk teknologi tersebut masyarakat sangat terbantu pada masa pandemic covid-19, akan tetapi alangkah lebih baik jika keadaan kembali normal dan wabah virus covid-19 segera hilang. Karena dengan adanya wabah tersebut terjadi penurunan tingkat SDM pada penerus bangsa (adik-adik yang berada dirumah saat mendapat tugas online atau saat ujian online yang mengerjakan adalah kakaknya, orang tuanya, terkadang juga kerabat dekatnya). Selain itu banyak masyarakat awam yang gaptek mengalami kesusahan dalam menerapkan perubahan teknologi yang semakin pesat sehingga mereka tidak dapat memanfaatkan teknologi sebagaimana mestinya, akibatnya mereka yang menganggur karena kehilangan pekerjaan (di PHK) akan kebingungan dan meningkatkan resiko kriminalitas. Hal ini sangat merugikan bagi banyak pihak, sehingga harapan penulis hanya agar wabah pandemic covid-19 ini segera hilang dan keadaan berjalan normal kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UAS Enterprise Application Integration (EAI)

Nama                           : Chlara Maynar Anggi Putri Silawati NIM                            : 4117092 Kelas/Semester           : ...